Senin, 03 Desember 2012

PROPOSAL METODE RISET RIZKI AFANDI 3EA17


BAB I
Pendahuluan
            1.1 Latar Belakang
Perkembangan pasar perusahaan penyedia alat komunikasi (telepon seluler) di Indonesia tumbuh semakin pesat bersamaan dengan tumbuhnya pasar permintaan akan telekomunikasi. Seiring berjalannya waktu, perusahaan-perusahaan seluler banyak yang melakukan terobosan dan inovasi dalam modernisasi alat komunikasi. Salah satu contohnya adalah perusahaan RIM (Research In Motion) asal Kanada yang telah mengeluarkan handphone Blackberry yang didukung oleh fitur-fitur canggih. Handphone ini telah diperkenalkan di Indonesia sejak 2004. Hal ini dikarenakan untuk mempermudah sistem komunikasi, membantu mobilitas dalam kegiatan sehari-hari, dan untuk memenuhi permintaan masyarakat akan alat komunikasi tyang lebih canggih, efisien dan efektif.
            Dengan semakin ketatnya persaingan, maka perusahaan Blackberry perlu untuk mempertahankan pelanggannya. Oleh karena itu, blackberry membuat langkah jitu dalam menciptakan handphone yang mengedepankan aspek fungsional. Dimana layanan Blackberry itu memungkinkan mengkases data, mencari lokasi penting, menyimpan suatu data pekerjaan.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut “Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas Blackberry?”

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk Blackberry.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Teori
Menurut Kotler (1997), kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) sesuatu produk dengan harapannya.
Konsumen merupakan asset yang tidak bisa ternilai bagi sebuah usaha produk ataupun jasa. Hal ini disebabkan adanya konsumen sebagai pihak yang membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh jenis usaha tersebut, agar produknya disenangi oleh konsumen maka produk yang dihasilkan harus dibuat menarik dalam pengemasannya.
Sedangkan menurut John C. Mowen (200:512), consumer satisfaction is defined as the overall attitude regarding a good or service after its acquisition and use. Definisi dari kepuasaan konsumen disini adalah keseluruhan sikap yang timbul setelah membeli atau menggunakan sebuah produk atau jasa.
            Dalam menentukan kepuasan konsumen ada lima faktor yang harus diperhatikan oleh perusahaan (Lupyoadi, 2001) antara lain : 
a.     Kualitas produk, yaitu pelanggan akan merasa puas bila hasil mereka menunjukkan bahwa produk yang mereka gunakan berkualitas.
b.     Kualitas pelayanan atau jasa, yaitu pelanggan akan merasa puas bila mereka mendapatkan pelayanan yang baik atau sesuai dengan yang diharapkan.
c.    Emosi, yaitu pelanggan akan merasa bangga dan mendapatkan keyakinan bahwa orang lain akan kagum terhadap dia bila menggunakan produk dengan merek tertentu yang cenderung mempunyai tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Kepuasan yang diperoleh bukan karena kualitas dari produk tetapi sosial atau self esteem yang membuat pelanggan merasa puas terhadap merek tertentu.
d.    Harga, yaitu produk yang mempunyai kualitas yang sama tetapi menetapkan harga yang relatif murah akan memberikan nilai yang lebih tinggi kepada pelanggan.
e.     Biaya, yaitu pelanggan yang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan atau tidak perlu membuang waktu untuk mendapatkan suatu produk atau jasa cenderung puas terhadap produk atau jasa tersebut.
2.2 Hipotesis
            Hipotesis adalah pertanyaan atau dugaan mengenai satu atau lebih populasi. Terbukti atau tidaknya suatu hipotesis tidak akan pernh diketahui dengan pasti kecuali dengan memeriksa sampel yang dijadikan bahan pengujian.

hipotesis dari penelitian ini adalah :
Ho : Ada pengaruh kepuasan konsumen terhadap produk blakberry
H1 : tidak Ada pengaruh kepuasan konsumen terhadap produk blackberry

2.3 Pengembangan Hipotesis
Faktor-faktor yang menjadi pengaruh naiknya tingkat minat konsumen untuk menggunakan produk blackberry , karena mereka merasakan bahwa spesifikasi dan aplikasi yang terdapat dalam handphone blackberry dapat menunjang kegiatan mereka sehari-hari. Umumnya kepuasan konsumen menjadi titik tolak besar kecilnya loyalitas pelanggan terhadap suatu produk ataupun jasa. Contohnya aplikasi yang ada dalam handphone blackberry adalah Blackberry Messenger.  Aplikasi ini merupakan salah satu faktor pendorong masyarakat untuk membeli handphone blackberry. Walaupun banyak aplikasi chatting sejenis, tapi blackberry messenger masih menjadi idola. Karena kemudahanya dalam mengirim teks dan banyak fitur didalamnya.
2.4 Tinjauan Penelitian Terdahulu
Nanda Silvy Andary, jurnal : “Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Handphone Nokia 6600”. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa konsumen merasa puas terhadap produk handphone Nokia 6600.
Rizki Afandi, jurnal : “Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Samsung  Android”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk Samsung Android.
Andy Helmoth, jurnal, : “Kepuasan Konsumen Terhadap Handphone Blackberry”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan konsumen telepon seluler (handphone) khususnya pengguna handphone  Blackberry.

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1  Data dan Sumber Data
Guna mendapatkan data dan informasi yang akan digunakan sebagai bahan penelitian, data yang digunakan adalah sebagai berikut :
-     Data Primer
Yakni merupakan data yang diperoleh dengan cara mendatangi langsung obyek penelitian, dimana data yang diperoleh hasilnya actual dan dapat dipertanggungjawabkan. Data primer yang digunakan yaitu data yang didapat dari penyebaran kuisioner.
Data sekunder
merupakan data yang mendukung data primer . Pada penelitian ini data primer diperoleh dari bahan-bahan bacaan

3.2 Variabel
Variabel Penelitian
Kualitas Produk
Harga
Service Quality
Meliputi
a.    Kejernihan suara ponsel
a.Harga ponsel yang ditawarkan

a.garansi yang diberikan
b.    Ketajaman kamera video
b. harga jual setelah pemakaian
b.pelayanan terhadapproduk rusak
c.    Fitur – fitur yang disediakan
c.potongan harga yang diberikan
c.cabang blackberry tersebar dimana-mana
d.    Ketahanan waktu dan teknis
d.adanya diskon saat pembelian
d.lokasi care line yang strategis
e.    Kapasitas memory


f.     design produk


g.    kemasan hp blackberry dilengkapi buku panduan serta perangkat lainnya


h.    produk dan kualitas mengikuti perkembangan zaman



3.3 Model Penelitian
Dalam penelitian ini, model penelitian yang digunakan penulis adalah model penelitian deskriptif. Yaitu menafsirkan data yang diperooleh, menyusun, dan mengklasifikasikan serta menganalisis, dan menginterpretasikannya sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai suatu keadaan.

3.4 Metode Pengumpulan Data
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kuisioner, yaitu menyebarkan kuisioner yang berisi pertanyaan kepada konsumen,

3.5 Tahap Penelitian
-        Penarikan sampel
-        Pengumpulan data
-        Pembentukan kuisioner
-        Pengujian kuisioner menggunakan Skala likert
-        Mengolah semua data yang dikumpulkan menjadi sebuah laporan

3.6 Alat analisis
   3.6.1 Skala Likert
            Untuk metode skala likert pengukuran menggunakan skala sikap yaitu skala likert. Skala likert digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap handphone Blackberry.
                   Dengan menggunakan skala likert, maka variable yang diukur dijabarkan menjadi variabel, variabel yang dijabarkan menjadi dimensi, dimensi dijabarkan lagi menjadi indikator yang dapat diukur. Akhirnya indikator-indikator yang terukur dapatdijadikan titik tolak untuk membuat pertanyaan yang perlu dijawaboleh responden.
Kategori Penilaian dan Besar Bobot
Kategori
Bobot
Sangat Puas                       ( SP )
5
Puas                                   (  P  )
Cukup Puas                         ( CP)
4
3
Tidak Puas                          ( TP )
Sangat Tidak Puas              ( STP )
2
1

            Dari jumlah nilai yang didapat, maka penilaian terhadap 40 responden dapat dikelompokan sebagai berikut
Penilaian Kelas dan Interval
Kategori
Bobot
Sangat Tidak Puas               ( SP )
50 - 89
Tidak Puas                           (  P  )
Cukup Puas                         ( CP)
90 - 129
130 - 169
Puas                                   ( TP )
Sangat Puas                       ( STP )
170 - 209
210 - 250


BAB IV
ANALISIS  DAN HASIL PENELITIAN

4.1 Deskripsi data, Hasil Penelitian dan Analisis
Analisis table frekuensi dengan metode skala likert. Pada Bab ini akan dibahas hasil penelitian dengan menganalisa hasil jawaban dari 40 responden. Dari penelitian ini dapat dilihat langsung presentase nya pada table.
4.2 Hasil analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap handphone Blackberry
            Penggolongan kategori tiap indikator dihitung berdasarkan nilai yang diperoleh dari hasil pengisian kuisioner dengan cara mengalikan bobot nilai pada kategori itu yang telah ditetapkan dengan jumlah responden yang menjawab masing-masing tersebut. Maka dari jumlah yang didapat penilaian terhadap 40 responden dikelompokkan sebagai berikut,

Tabel Hasil Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Handphone Blackberry
Kejernihan Suara Ponsel
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
32
7
1
0
0
40
Presentase
80%
17,5%
2,5%
0%
0%
100%
Nilai
160
28
3
0
0
191
,
Ketajaman Kamera Video
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
29
7
2
2
0
40
Presentase
72,5%
17,5%
5%
5%
0%
100%
Nilai
145
28
6
4
0
183

Fitur-fitur yang disediakan
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
27
9
4
0
0
40
Presentase
67,5%
22,5%
10%
0%
0%
100%
Nilai
135
36
12
0
0
183

Ketahanan dan keawetan ponsel secara teknis
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
15
16
8
1
0
40
Presentase
37,5%
40%
20%
2,5%
0%
100%
Nilai
75
64
24
2
0
165

Kapasitas memory internal
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
22
9
8
1
0
40
Presentase
55%
22,5%
20%
2,5%
0%
100%
Nilai
110
36
24
2
0
172

Design Produk
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
5
20
14
1
0
40
Presentase
12,5%
50%
35%
2,5%
0%
100%
Nilai
25
80
42
2
0
149

Kemasan Handphone Blackberry dan dilengkapi buku panduan serta perangkat tambahan (usb , headset)
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
26
9
5
0
0
40
Presentase
65%
22,5%
12,5%
0%
0%
100%
Nilai
130
36
15
0
0
181

Produk dan kualitas mengikuti perkembangan zaman
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
23
10
6
1
0
40
Presentase
57,5%
25%
15%
2,5%
0%
100%
Nilai
115
40
18
2
0
181

Harga Ponsel yang ditawarkan
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
15
12
13
0
0
40
Presentase
37,5%
30%
32,5%
0%
0%
100%
Nilai
75
48
39
0
0
162

 Harga Jual kembali setelah pemakaian
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
0
1
12
26
1
40
Presentase
0%
2,5%
30%
65%
2,5%
100%
Nilai
0
12
18
62
2
94

Potongan harga yang diberikan
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
0
0
10
30
0
40
Presentase
0%
0%
25%
75%
0%
100%
Nilai
0
0
36
52
0
88

Adanya Diskon saat pembelian
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
23
8
7
2
0
40
Presentase
57,5%
20%
17,5%
5%
0%
100%
Nilai
112
12
18
4
0
136

Garansi yang diberikan
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
10
11
13
6
0
40
Presentase
25%
27,5%
32,5%
15%
0%
100%
Nilai
50
32
21
4
0
107

Pelayanan Terhadap produk yang rusak
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
10
11
13
6
0
40
Presentase
25%
27,5%
32,5%
15%
0%
100%
Nilai
50
44
39
12
0
145

Cabang Blackberry tersebar dimana-mana
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
22
10
7
0
1
40
Presentase
55%
25%
17,5%
0%
2,5%
100%
Nilai
110
40
21
0
2
173

Lokasi Cara Line service Blackberry yang strategis
Penilaian
SP
P
CP
TP
STP
Jumlah
Bobot nilai
5
4
3
2
1

Frekuensi
20
13
7
0
0
40
Presentase
50%
32,5%
17,5%
0%
0%
100%
Nilai
100
21
21
21
0
173

Rangkuman Hasil Penelitian
keterangan
PENILAIAN
NILAI
KATEGORI
SP
P
CP
TP
STP
Kualitas Produk
1.    Kejernihan suara ponsel
32
7
1
0
0
191
Puas
2.    Ketaaman kamera video
29
7
2
2
0
183
Puas
3.    Fitur yang disediakan
27
9
4
0
0
183
Puas
4.    Keawetan dan ketahanan  ponsel
15
16
8
1
0
165
Cukup Puas
5.    Kapasitas memory internal
22
9
8
1
0
172
Puas
6.    Design produk
5
20
14
1
0
149
Tidak Puas
7.    Kemasan hp Blackberry dilengkapi dengan buku panduan dan perangkat lainnya (usb dan headset)
26
9
5
0
0
181
Puas
8.    Produk dan kualitas mengikuti  perkembangan zaman
23
8
7
2
0
172
Puas
Rata-rata
153
Cukup Puas

keterangan
PENILAIAN
NILAI
KATEGORI
SP
P
CP
TP
STP
Harga
9.    Harga yang ditawarkan
15
12
13
0
0
162
Cukup Puas
10. Harga Jual kembali setelah pembelian
0
1
12
26
1
93
Sangat tidak puas
11. Potongan harga yang diberikan
0
0
10
30
0
90
Sangat tidak Puas
12.  Adanya diskon saat pembelian
23
8
7
2
0
172
Puas
Rata-rata
129
Tidak Puas


keterangan
PENILAIAN
NILAI
KATEGORI
SP
P
CP
TP
STP
Service Quality
13. Garansi yang diberikan
10
11
13
6
0
142
Cukup  Puas
14. Pelayanan terhadap produk blackberry yang rusak
10
11
13
6
0
145
Cukup Puas
15. Cabang blackberry tersebar dimana-mana
22
10
7
0
1
172
Puas
16.  Lokasi care line (service) yang strategis
20
13
7
0
0
173
Puas
Rata-rata
158
Cukup
Puas
S Rata - rata
162,5
Cukup Puas
Sumber : hasil kuisioner
Skala Likert Keseluruhan

Skala Penilaian
Total

SP
P
CP
TP
STP

Bobot Nilai
5
4
3
2
1

Jumlah Responden
279
153
130
76
2
640
% Jumlah responden
43,60
23,90
20,31
11,88
0,31
100
Nilai Total
1395
612
390
152
2
2551
Sumber : hasil kuisioner

            Berdasarkan hasil kuisioner maka diperoleh hasil sebesar 1395 menyatakan sangat puas terhadap harga dan kualitas terhadap handphone blackberry dalam penilaian konsumen menyatakan puas sebesar 612, menyatakan cukup puas sebesar 390, menyatakan tidak puas sebesar 152, menyatakan sangat tidak puas sebesar 2.
            Dalam penelitian ini penulis mengajukan 16 pertanyaan kepada 40 responden dengan metode skala likert, setiap jawaban diberi score yaitu:
a) Sangat Puas dengan bobot nilai sebesar                  : 5
b) Puas dengan bobot nilai sebesar                                : 4
c) Cukup Puas dengan bobot nilai sebesar                   : 3
d) Tidak Puas dengan bobot nilai sebesar                     : 2
e) Sangat Tidak Puas dengan bobot nilai sebesar       : 1

BAB V
PENUTUP
5.1 KESIMPULAN
            Dari hasil observasi penelitian terhadap responden sebanyak 40 responden, maka dapat disimpulkan bahwa konsumen merasa puas terhadap fasilitas yang diberikan oleh handphone blackberry. Dari hasil pengujian menyatakan bahwa fasilitas handphone blackberry saat ini dapat memberikan kepuasan kepada konsumennya berdasarkan pengujian terhadap kualitas produk, harga, dan service quality. Dari hasil tersebut maka tingkat kepuasan dari handphone blackberry memberikan kepuasan terhadap konsumen.

5.2 SARAN
            Dari analisis yang telah dilakukan mengenai kepuasan konsumen terhadap ponsel blackberry sudah merasa puas terhadap fasilitas yang sudah diberikan oleh handphone blackberry.  RIM sebagai produsen blackberry harus lebih meningkatkan kualitasnya agar tingkat kepuasan konsumennya dapat terus meningkat.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar