BAB
III
METODE
PENELITIAN
3.1
Data dan Sumber Data
Guna mendapatkan data dan informasi yang akan digunakan
sebagai bahan penelitian, data yang digunakan adalah sebagai berikut :
- Data
Primer
Yakni
merupakan data yang diperoleh dengan cara mendatangi langsung obyek penelitian,
dimana data yang diperoleh hasilnya actual dan dapat dipertanggungjawabkan.
Data primer yang digunakan yaitu data yang didapat dari penyebaran kuisioner.
Data
sekunder
merupakan
data yang mendukung data primer . Pada penelitian ini data primer diperoleh dari
bahan-bahan bacaan
3.2 Variabel
Variabel Penelitian
Kualitas Produk
|
Harga
|
Service Quality
|
Meliputi
|
||
a. Kejernihan
suara ponsel
|
a.Harga ponsel yang ditawarkan
|
a.garansi
yang diberikan
|
b. Ketajaman
kamera video
|
b. harga jual setelah pemakaian
|
b.pelayanan
terhadapproduk rusak
|
c. Fitur
– fitur yang disediakan
|
c.potongan harga yang diberikan
|
c.cabang
blackberry tersebar dimana-mana
|
d. Ketahanan
waktu dan teknis
|
d.adanya
diskon saat pembelian
|
d.lokasi
care line yang strategis
|
e. Kapasitas
memory
|
|
|
f. design
produk
|
|
|
g. kemasan hp blackberry dilengkapi buku
panduan serta perangkat lainnya
|
|
|
h. produk dan kualitas
mengikuti perkembangan zaman
|
|
|
3.3 Model
Penelitian
Dalam penelitian ini, model penelitian
yang digunakan penulis adalah model penelitian deskriptif. Yaitu menafsirkan
data yang diperooleh, menyusun, dan mengklasifikasikan serta menganalisis, dan
menginterpretasikannya sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai suatu
keadaan.
3.4
Metode Pengumpulan Data
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data
kuisioner, yaitu menyebarkan kuisioner yang berisi pertanyaan kepada konsumen,
3.5
Tahap Penelitian
-
Penarikan sampel
-
Pengumpulan data
-
Pembentukan kuisioner
-
Pengujian kuisioner menggunakan Skala likert
-
Mengolah semua data yang dikumpulkan menjadi sebuah laporan
3.6
Alat analisis
3.6.1 Skala Likert
Untuk metode skala likert pengukuran
menggunakan skala sikap yaitu skala likert. Skala likert digunakan untuk
mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap handphone Blackberry.
Dengan
menggunakan skala likert, maka variable yang diukur dijabarkan menjadi
variabel, variabel yang dijabarkan menjadi dimensi, dimensi dijabarkan lagi
menjadi indikator yang dapat diukur. Akhirnya indikator-indikator yang terukur
dapatdijadikan titik tolak untuk membuat pertanyaan yang perlu dijawaboleh
responden.
Kategori
Penilaian dan Besar Bobot
Kategori
|
Bobot
|
Sangat Puas ( SP )
|
5
|
Puas ( P )
Cukup Puas ( CP)
|
4
3
|
Tidak Puas ( TP )
Sangat Tidak Puas ( STP )
|
2
1
|
Dari jumlah nilai yang didapat, maka
penilaian terhadap 40 responden dapat dikelompokan sebagai berikut
Penilaian Kelas dan Interval
Kategori
|
Bobot
|
Sangat Tidak Puas ( SP )
|
50 - 89
|
Tidak Puas ( P )
Cukup Puas ( CP)
|
90 - 129
130 - 169
|
Puas ( TP )
Sangat Puas ( STP )
|
170 - 209
210 - 250
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar