Senin, 03 Desember 2012

Bab 3



BAB III
METODE PENELITIAN

3.1  Data dan Sumber Data
Guna mendapatkan data dan informasi yang akan digunakan sebagai bahan penelitian, data yang digunakan adalah sebagai berikut :
-     Data Primer
Yakni merupakan data yang diperoleh dengan cara mendatangi langsung obyek penelitian, dimana data yang diperoleh hasilnya actual dan dapat dipertanggungjawabkan. Data primer yang digunakan yaitu data yang didapat dari penyebaran kuisioner.
Data sekunder
merupakan data yang mendukung data primer . Pada penelitian ini data primer diperoleh dari bahan-bahan bacaan

3.2 Variabel
Variabel Penelitian
Kualitas Produk
Harga
Service Quality
Meliputi
a.    Kejernihan suara ponsel
a.Harga ponsel yang ditawarkan

a.garansi yang diberikan
b.    Ketajaman kamera video
b. harga jual setelah pemakaian
b.pelayanan terhadapproduk rusak
c.    Fitur – fitur yang disediakan
c.potongan harga yang diberikan
c.cabang blackberry tersebar dimana-mana
d.    Ketahanan waktu dan teknis
d.adanya diskon saat pembelian
d.lokasi care line yang strategis
e.    Kapasitas memory


f.     design produk


g.    kemasan hp blackberry dilengkapi buku panduan serta perangkat lainnya


h.    produk dan kualitas mengikuti perkembangan zaman



3.3 Model Penelitian
Dalam penelitian ini, model penelitian yang digunakan penulis adalah model penelitian deskriptif. Yaitu menafsirkan data yang diperooleh, menyusun, dan mengklasifikasikan serta menganalisis, dan menginterpretasikannya sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai suatu keadaan.

3.4 Metode Pengumpulan Data
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kuisioner, yaitu menyebarkan kuisioner yang berisi pertanyaan kepada konsumen,

3.5 Tahap Penelitian
-        Penarikan sampel
-        Pengumpulan data
-        Pembentukan kuisioner
-        Pengujian kuisioner menggunakan Skala likert
-        Mengolah semua data yang dikumpulkan menjadi sebuah laporan

3.6 Alat analisis
   3.6.1 Skala Likert
            Untuk metode skala likert pengukuran menggunakan skala sikap yaitu skala likert. Skala likert digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap handphone Blackberry.
                   Dengan menggunakan skala likert, maka variable yang diukur dijabarkan menjadi variabel, variabel yang dijabarkan menjadi dimensi, dimensi dijabarkan lagi menjadi indikator yang dapat diukur. Akhirnya indikator-indikator yang terukur dapatdijadikan titik tolak untuk membuat pertanyaan yang perlu dijawaboleh responden.
Kategori Penilaian dan Besar Bobot
Kategori
Bobot
Sangat Puas                       ( SP )
5
Puas                                   (  P  )
Cukup Puas                         ( CP)
4
3
Tidak Puas                          ( TP )
Sangat Tidak Puas              ( STP )
2
1

            Dari jumlah nilai yang didapat, maka penilaian terhadap 40 responden dapat dikelompokan sebagai berikut
Penilaian Kelas dan Interval
Kategori
Bobot
Sangat Tidak Puas               ( SP )
50 - 89
Tidak Puas                           (  P  )
Cukup Puas                         ( CP)
90 - 129
130 - 169
Puas                                   ( TP )
Sangat Puas                       ( STP )
170 - 209
210 - 250


Tidak ada komentar:

Posting Komentar