Penyusunan proposal atau usulan
penelitian merupakan langkah awal yang harus dilakukan peneliti sebelum memulai
kegiatan penelitian. Proposal penelitian atau sering disebut juga sebagai
usulan penelitian adalah suatu pernyataan tertulis mengenai rencana atau
rancangan kegiatan penelitian secara keseluruhan. Proposal penelitian untuk
skripsi merupakan suatu rancangan penelitian yang akan dilakukan sebagai bahan
utama penulisan skripsi mahasiswa. Rancangan ini harus diseminarkan untuk
penyempurnaan sehingga akan sangat membantu mahasiswa dalam melaksanakan
penelitian di lapangan sekaligus membantu kelancaran mengumpulkan bahan
skripsinya.
Karakteristik Proposal
Proposal penelitian mahasiswa memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut :
1. Merupakan suatu rancangan pokok penelitian yang akan dilakukan guna mengumpulkan bahan penulisan skripsi.
2. Memperlihatkan kemampuan mahasiswa terhadap permasalahan yang akan diteliti dan pendekatan atau metode yang digunakan dalam penelitian tersebut.
3. Ruang lingkup proposal sesuai dengan bidang kajian akademis mahasiswa.
4. Rancangan penelitian mengacu kepada permasalahan aktual dan memiliki kontribusi bagi pengembangan ilmu maupun kepentingan praktisi di lapangan.
Sistematika Proposal
Rancangan atau proposal penelitian untuk skripsi mahasiawa terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut:
Karakteristik Proposal
Proposal penelitian mahasiswa memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut :
1. Merupakan suatu rancangan pokok penelitian yang akan dilakukan guna mengumpulkan bahan penulisan skripsi.
2. Memperlihatkan kemampuan mahasiswa terhadap permasalahan yang akan diteliti dan pendekatan atau metode yang digunakan dalam penelitian tersebut.
3. Ruang lingkup proposal sesuai dengan bidang kajian akademis mahasiswa.
4. Rancangan penelitian mengacu kepada permasalahan aktual dan memiliki kontribusi bagi pengembangan ilmu maupun kepentingan praktisi di lapangan.
Sistematika Proposal
Rancangan atau proposal penelitian untuk skripsi mahasiawa terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut:
BAB I
Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
Perkembangan
pasar perusahaan penyedia alat komunikasi (telepon seluler) di Indonesia tumbuh
semakin pesat bersamaan dengan tumbuhnya pasar permintaan akan telekomunikasi.
Seiring berjalannya waktu, perusahaan-perusahaan seluler banyak yang melakukan
terobosan dan inovasi dalam modernisasi alat komunikasi. Salah satu contohnya
adalah perusahaan RIM (Research In Motion) asal Kanada yang telah mengeluarkan
handphone Blackberry yang didukung oleh fitur-fitur canggih. Handphone ini
telah diperkenalkan di Indonesia sejak 2004. Hal ini dikarenakan untuk
mempermudah sistem komunikasi, membantu mobilitas dalam kegiatan sehari-hari,
dan untuk memenuhi permintaan masyarakat akan alat komunikasi tyang lebih
canggih, efisien dan efektif.
Dengan
semakin ketatnya persaingan, maka perusahaan Blackberry perlu untuk
mempertahankan pelanggannya. Oleh karena itu, blackberry membuat langkah jitu
dalam menciptakan handphone yang mengedepankan aspek fungsional. Dimana layanan
Blackberry itu memungkinkan mengkases data, mencari lokasi penting, menyimpan
suatu data pekerjaan.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang tersebut, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut
“Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas Blackberry?”
1.3
Tujuan Penelitian
Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap
kualitas produk Blackberry.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Teori
Menurut
Kotler (1997), kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang
yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) sesuatu
produk dengan harapannya.
Konsumen
merupakan asset yang tidak bisa ternilai bagi sebuah usaha produk ataupun jasa.
Hal ini disebabkan adanya konsumen sebagai pihak yang membutuhkan produk atau
jasa yang ditawarkan oleh jenis usaha tersebut, agar produknya disenangi oleh
konsumen maka produk yang dihasilkan harus dibuat menarik dalam pengemasannya.
Sedangkan menurut John C.
Mowen (200:512), consumer satisfaction is defined as the overall attitude
regarding a good or service after its acquisition and use. Definisi dari
kepuasaan konsumen disini adalah keseluruhan sikap yang timbul setelah membeli
atau menggunakan sebuah produk atau jasa.
Dalam
menentukan kepuasan konsumen ada lima faktor yang harus diperhatikan oleh
perusahaan (Lupyoadi, 2001) antara lain :
a. Kualitas produk, yaitu pelanggan akan
merasa puas bila hasil mereka menunjukkan bahwa produk yang mereka gunakan
berkualitas.
b. Kualitas pelayanan atau jasa, yaitu
pelanggan akan merasa puas bila mereka mendapatkan pelayanan yang baik atau
sesuai dengan yang diharapkan.
c. Emosi, yaitu pelanggan akan merasa bangga dan
mendapatkan keyakinan bahwa orang lain akan kagum terhadap dia bila menggunakan
produk dengan merek tertentu yang cenderung mempunyai tingkat kepuasan yang
lebih tinggi. Kepuasan yang diperoleh bukan karena kualitas dari produk tetapi sosial
atau self esteem yang membuat pelanggan merasa puas terhadap merek tertentu.
d. Harga, yaitu produk yang mempunyai kualitas yang
sama tetapi menetapkan harga yang relatif murah akan memberikan nilai yang
lebih tinggi kepada pelanggan.
e. Biaya, yaitu pelanggan yang tidak perlu
mengeluarkan biaya tambahan atau tidak perlu membuang waktu untuk mendapatkan
suatu produk atau jasa cenderung puas terhadap produk atau jasa tersebut.
2.2
Hipotesis
Hipotesis
adalah pertanyaan atau dugaan mengenai satu atau lebihpopulasi. Terbukti atau
tidaknya suatu hipotesis tidak akan pernh diketahui dengan pasti kecuali dengan
memeriksa sampel yang dijadikan bahan pengujian.
hipotesis dari penelitian ini adalah :
Ho : Ada pengaruh kepuasan konsumen terhadap
produk blakberry
H1 : tidak Ada pengaruh kepuasan konsumen
terhadap produk blackberry
2.3 Pengembangan Hipotesis
Faktor-faktor yang menjadi pengaruh naiknya tingkat minat konsumen untuk
menggunakan produk blackberry , karena mereka merasakan bahwa spesifikasi dan
aplikasi yang terdapat dalam handphone blackberry dapat menunjang kegiatan
mereka sehari-hari. Umumnya kepuasan konsumen menjadi titik tolak besar
kecilnya loyalitas pelanggan terhadap suatu produk ataupun jasa. Contohnya
aplikasi yang ada dalam handphone blackberry adalah Blackberry Messenger. Aplikasi ini merupakan salah satu faktor pendorong
masyarakat untuk membeli handphone blackberry. Walaupun banyak aplikasi
chatting sejenis, tapi blackberry messenger masih menjadi idola. Karena
kemudahanya dalam mengirim teks dan banyak fitur didalamnya.
2.4 Tinjauan Penelitian
Terdahulu
Nanda
Silvy Andary, jurnal : “Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Handphone Nokia
6600”. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa konsumen merasa puas terhadap
produk handphone Nokia 6600.
Rizki
Afandi, jurnal : “Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk
Samsung Android”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa
tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk Samsung Android.
Andy Helmoth, jurnal, : “Kepuasan
Konsumen Terhadap Handphone Blackberry”. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan konsumen telepon seluler (handphone)
khususnya pengguna handphone Blackberry.
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Data dan Sumber Data
Guna mendapatkan
data dan informasi yang akan digunakan sebagai bahan penelitian, data yang
digunakan adalah sebagai berikut :
- Data
Primer
Yakni merupakan data yang diperoleh dengan cara
mendatangi langsung obyek penelitian, dimana data yang diperoleh hasilnya
actual dan dapat dipertanggungjawabkan. Data primer yang digunakan yaitu data
yang didapat dari penyebaran kuisioner.
Data sekunder
merupakan data yang
mendukung data primer . Pada penelitian ini data primer diperoleh dari
bahan-bahan bacaan
3.2 Variabel
Variabel Penelitian
Kualitas Produk
|
Harga
|
Service Quality
|
Meliputi
|
||
a. Kejernihan suara ponsel
|
a.Harga ponsel yang
ditawarkan
|
a.garansi yang diberikan
|
b. Ketajaman kamera video
|
b. harga jual setelah
pemakaian
|
b.pelayanan terhadapproduk
rusak
|
c. Fitur – fitur yang
disediakan
|
c.potongan harga yang
diberikan
|
c.cabang blackberry
tersebar dimana-mana
|
d. Ketahanan waktu dan teknis
|
d.adanya diskon saat
pembelian
|
d.lokasi care line yang
strategis
|
e. Kapasitas memory
|
||
f. design produk
|
||
g. kemasan
hp blackberry dilengkapi buku panduan serta perangkat lainnya
|
||
h. produk dan kualitas mengikuti perkembangan
zaman
|
3.3 Model Penelitian
Dalam penelitian ini, model penelitian yang
digunakan penulis adalah model penelitian deskriptif. Yaitu menafsirkan data
yang diperooleh, menyusun, dan mengklasifikasikan serta menganalisis, dan
menginterpretasikannya sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai suatu
keadaan.
3.4 Metode Pengumpulan Data
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan
data kuisioner, yaitu menyebarkan kuisioner yang berisi pertanyaan kepada
konsumen,
3.5 Tahap Penelitian
- Penarikan
sampel
- Pengumpulan
data
- Pembentukan
kuisioner
- Pengujian
kuisioner menggunakan Skala likert
- Mengolah
semua data yang dikumpulkan menjadi sebuah laporan
3.6 Alat analisis
3.6.1 Skala Likert
Untuk
metode skala likert pengukuran menggunakan skala sikap yaitu skala likert.
Skala likert digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap
handphone Blackberry.
Dengan
menggunakan skala likert, maka variable yang diukur dijabarkan menjadi
variabel, variabel yang dijabarkan menjadi dimensi, dimensi dijabarkan lagi
menjadi indikator yang dapat diukur. Akhirnya indikator-indikator yang terukur
dapatdijadikan titik tolak untuk membuat pertanyaan yang perlu dijawaboleh
responden.
Kategori Penilaian dan Besar Bobot
Kategori
|
Bobot
|
Sangat
Puas (
SP )
|
5
|
Puas ( P )
Cukup
Puas (
CP)
|
4
3
|
Tidak
Puas (
TP )
Sangat Tidak
Puas (
STP )
|
2
1
|
Dari
jumlah nilai yang didapat, maka penilaian terhadap 40 responden dapat
dikelompokan sebagai berikut
Penilaian Kelas dan Interval
Kategori
|
Bobot
|
Sangat Tidak
Puas (
SP )
|
50 - 89
|
Tidak
Puas ( P )
Cukup
Puas (
CP)
|
90 - 129
130 - 169
|
Puas (
TP )
Sangat
Puas (
STP )
|
170 - 209
210 - 250
|
BAB IV
ANALISIS DAN HASIL PENELITIAN
4.1 Deskripsi data, Hasil Penelitian dan Analisis
Analisis
table frekuensi dengan metode skala likert. Pada Bab ini akan dibahas hasil
penelitian dengan menganalisa hasil jawaban dari 40 responden. Dari
penelitian ini dapat dilihat langsung presentase nya pada table.
4.2 Hasil analisis tingkat
kepuasan konsumen terhadap handphone Blackberry
Penggolongan
kategori tiap indikator dihitung berdasarkan nilai yang diperoleh dari hasil
pengisian kuisioner dengan cara mengalikan bobot nilai pada kategori itu yang
telah ditetapkan dengan jumlah responden yang menjawab masing-masing tersebut.
Maka dari jumlah yang didapat penilaian terhadap 40 responden dikelompokkan
sebagai berikut,
Tabel Hasil Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap
Handphone Blackberry
Kejernihan Suara Ponsel
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
32
|
7
|
1
|
0
|
0
|
40
|
Presentase
|
80%
|
17,5%
|
2,5%
|
0%
|
0%
|
100%
|
Nilai
|
160
|
28
|
3
|
0
|
0
|
191
|
,
Ketajaman Kamera Video
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
29
|
7
|
2
|
2
|
0
|
40
|
Presentase
|
72,5%
|
17,5%
|
5%
|
5%
|
0%
|
100%
|
Nilai
|
145
|
28
|
6
|
4
|
0
|
183
|
Fitur-fitur yang disediakan
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
27
|
9
|
4
|
0
|
0
|
40
|
Presentase
|
67,5%
|
22,5%
|
10%
|
0%
|
0%
|
100%
|
Nilai
|
135
|
36
|
12
|
0
|
0
|
183
|
Ketahanan dan keawetan ponsel secara teknis
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
15
|
16
|
8
|
1
|
0
|
40
|
Presentase
|
37,5%
|
40%
|
20%
|
2,5%
|
0%
|
100%
|
Nilai
|
75
|
64
|
24
|
2
|
0
|
165
|
Kapasitas memory internal
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
22
|
9
|
8
|
1
|
0
|
40
|
Presentase
|
55%
|
22,5%
|
20%
|
2,5%
|
0%
|
100%
|
Nilai
|
110
|
36
|
24
|
2
|
0
|
172
|
Design Produk
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
5
|
20
|
14
|
1
|
0
|
40
|
Presentase
|
12,5%
|
50%
|
35%
|
2,5%
|
0%
|
100%
|
Nilai
|
25
|
80
|
42
|
2
|
0
|
149
|
Kemasan Handphone Blackberry dan dilengkapi buku
panduan serta perangkat tambahan (usb , headset)
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
26
|
9
|
5
|
0
|
0
|
40
|
Presentase
|
65%
|
22,5%
|
12,5%
|
0%
|
0%
|
100%
|
Nilai
|
130
|
36
|
15
|
0
|
0
|
181
|
Produk dan kualitas mengikuti perkembangan
zaman
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
23
|
10
|
6
|
1
|
0
|
40
|
Presentase
|
57,5%
|
25%
|
15%
|
2,5%
|
0%
|
100%
|
Nilai
|
115
|
40
|
18
|
2
|
0
|
181
|
Harga Ponsel yang ditawarkan
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
15
|
12
|
13
|
0
|
0
|
40
|
Presentase
|
37,5%
|
30%
|
32,5%
|
0%
|
0%
|
100%
|
Nilai
|
75
|
48
|
39
|
0
|
0
|
162
|
Harga Jual kembali setelah pemakaian
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
0
|
1
|
12
|
26
|
1
|
40
|
Presentase
|
0%
|
2,5%
|
30%
|
65%
|
2,5%
|
100%
|
Nilai
|
0
|
12
|
18
|
62
|
2
|
94
|
Potongan harga yang diberikan
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
0
|
0
|
10
|
30
|
0
|
40
|
Presentase
|
0%
|
0%
|
25%
|
75%
|
0%
|
100%
|
Nilai
|
0
|
0
|
36
|
52
|
0
|
88
|
Adanya Diskon saat pembelian
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
23
|
8
|
7
|
2
|
0
|
40
|
Presentase
|
57,5%
|
20%
|
17,5%
|
5%
|
0%
|
100%
|
Nilai
|
112
|
12
|
18
|
4
|
0
|
136
|
Garansi yang diberikan
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
10
|
11
|
13
|
6
|
0
|
40
|
Presentase
|
25%
|
27,5%
|
32,5%
|
15%
|
0%
|
100%
|
Nilai
|
50
|
32
|
21
|
4
|
0
|
107
|
Pelayanan Terhadap produk yang rusak
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
10
|
11
|
13
|
6
|
0
|
40
|
Presentase
|
25%
|
27,5%
|
32,5%
|
15%
|
0%
|
100%
|
Nilai
|
50
|
44
|
39
|
12
|
0
|
145
|
Cabang Blackberry tersebar dimana-mana
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
22
|
10
|
7
|
0
|
1
|
40
|
Presentase
|
55%
|
25%
|
17,5%
|
0%
|
2,5%
|
100%
|
Nilai
|
110
|
40
|
21
|
0
|
2
|
173
|
Lokasi Cara Line service Blackberry yang strategis
|
||||||
Penilaian
|
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
Jumlah
|
Bobot nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Frekuensi
|
20
|
13
|
7
|
0
|
0
|
40
|
Presentase
|
50%
|
32,5%
|
17,5%
|
0%
|
0%
|
100%
|
Nilai
|
100
|
21
|
21
|
21
|
0
|
173
|
Rangkuman Hasil Penelitian
keterangan
|
PENILAIAN
|
NILAI
|
KATEGORI
|
||||
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
|||
Kualitas Produk
|
|||||||
1. Kejernihan suara ponsel
|
32
|
7
|
1
|
0
|
0
|
191
|
Puas
|
2. Ketaaman
kamera video
|
29
|
7
|
2
|
2
|
0
|
183
|
Puas
|
3. Fitur
yang disediakan
|
27
|
9
|
4
|
0
|
0
|
183
|
Puas
|
4. Keawetan
dan ketahanan ponsel
|
15
|
16
|
8
|
1
|
0
|
165
|
Cukup Puas
|
5. Kapasitas
memory internal
|
22
|
9
|
8
|
1
|
0
|
172
|
Puas
|
6. Design
produk
|
5
|
20
|
14
|
1
|
0
|
149
|
Tidak Puas
|
7. Kemasan
hp Blackberry dilengkapi dengan buku panduan dan perangkat lainnya (usb dan
headset)
|
26
|
9
|
5
|
0
|
0
|
181
|
Puas
|
8. Produk dan kualitas
mengikuti perkembangan zaman
|
23
|
8
|
7
|
2
|
0
|
172
|
Puas
|
Rata-rata
|
153
|
Cukup Puas
|
keterangan
|
PENILAIAN
|
NILAI
|
KATEGORI
|
||||
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
|||
Harga
|
|||||||
9. Harga yang ditawarkan
|
15
|
12
|
13
|
0
|
0
|
162
|
CukupPuas
|
10. Harga Jual kembali
setelah pembelian
|
0
|
1
|
12
|
26
|
1
|
93
|
Sangat tidak puas
|
11. Potongan harga yang
diberikan
|
0
|
0
|
10
|
30
|
0
|
90
|
Sangat tidakPuas
|
12. Adanya diskon
saat pembelian
|
23
|
8
|
7
|
2
|
0
|
172
|
Puas
|
Rata-rata
|
129
|
TidakPuas
|
keterangan
|
PENILAIAN
|
NILAI
|
KATEGORI
|
||||
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
|||
Service Quality
|
|||||||
13. Garansi yang diberikan
|
10
|
11
|
13
|
6
|
0
|
142
|
Cukup Puas
|
14. Pelayanan
terhadap produk blackberry yang rusak
|
10
|
11
|
13
|
6
|
0
|
145
|
CukupPuas
|
15. Cabang blackberry
tersebar dimana-mana
|
22
|
10
|
7
|
0
|
1
|
172
|
Puas
|
16. Lokasi care line
(service) yang strategis
|
20
|
13
|
7
|
0
|
0
|
173
|
Puas
|
Rata-rata
|
158
|
Cukup
Puas
|
|||||
S Rata - rata
|
162,5
|
Cukup Puas
|
Sumber
: hasil kuisioner
Skala Likert Keseluruhan
Skala Penilaian
|
Total
|
|||||
SP
|
P
|
CP
|
TP
|
STP
|
||
Bobot Nilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Jumlah Responden
|
279
|
153
|
130
|
76
|
2
|
640
|
% Jumlah responden
|
43,60
|
23,90
|
20,31
|
11,88
|
0,31
|
100
|
Nilai Total
|
1395
|
612
|
390
|
152
|
2
|
2551
|
Sumber
: hasil kuisioner
Berdasarkan
hasil kuisioner maka diperoleh hasil sebesar 1395 menyatakan sangat puas
terhadap harga dan kualitas terhadap handphone blackberry dalam penilaian
konsumen menyatakan puas sebesar 612, menyatakan cukup puas sebesar 390,
menyatakan tidak puas sebesar 152, menyatakan sangat tidak puas sebesar 2.
Dalam
penelitian ini penulis mengajukan 16 pertanyaan kepada 40 responden dengan metode
skala likert, setiap jawaban diberi score yaitu:
a)
Sangat Puas dengan bobot nilai
sebesar :
5
b)
Puas dengan bobot nilai
sebesar :
4
c)
Cukup Puas dengan bobot nilai
sebesar :
3
d) Tidak
Puas dengan bobot nilai
sebesar :
2
e)
Sangat Tidak Puas dengan bobot nilai
sebesar : 1
BAB V
PENUTUP
5.1 KESIMPULAN
Dari
hasil observasi penelitian terhadap responden sebanyak 40 responden, maka dapat
disimpulkan bahwa konsumen merasa puas terhadap fasilitas yang diberikan oleh
handphone blackberry. Dari hasil pengujian menyatakan bahwa fasilitas handphone
blackberry saat ini dapat memberikan kepuasan kepada konsumennya berdasarkan
pengujian terhadap kualitas produk, harga, dan service quality. Dari hasil tersebut maka
tingkat kepuasan dari handphone blackberry memberikan kepuasan terhadap
konsumen.
5.2 SARAN
Dari
analisis yang telah dilakukan mengenai kepuasan konsumen terhadap ponsel
blackberry sudah merasa puas terhadap fasilitas yang sudah diberikan oleh
handphone blackberry. RIM sebagai produsen blackberry harus lebih
meningkatkan kualitasnya agar tingkat kepuasan konsumennya dapat terus
meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar